Tugas Akhir
Penerapan media animasi dalam pembelajaran notasi balol untuk kelas 5 SD Negeri 1 Sewon Bantul
Di SD Negeri 1 Sewon Bantul, pemahaman siswa mengenai notasi balok sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa sekolah dasar dalam memainkan musik menggunakan notasi balok dengan media animasi sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 1 Sewon Bantul menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumentasi hasil belajar.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan notasi balok dan media animasi, siswa berhasil memahami dan memainkan lagu-lagu yang sebelumnya tidak mereka kenal. Dengan demikian, pembelajaran notasi balok dengan media animasi terbukti membantu dalam meningkatkan kemampuan membaca notasi balok siswa. Media animasi tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap notasi balok tetapi juga meningkatkan motivasi belajar.
Tidak tersedia versi lain