Tugas Akhir
Penerapan metode Drill pada pembelajaran ekstrakurikuler orkestra bagi siswa di Sekolah Menengah Atas Stella Duce 2 Yogyakarta
Stero Orchestra merupakan kegiatan eksrtakurikuler orkestra yang terdapat di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode drill. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai ekstrakurikuler orkestra. Melalui penelitian ini diharapkan sekolah umum lainnya dapat memiliki kegiatan bermusik seperti yang sudah dilakukan di sekolah ini sehingga talenta bermusik siswa dapat tersalurkan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga jenis studi kasus dalam buku Robert Yin yaitu ekploratori, eksplanatori dan deskriptif. Penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikulker orkestra yang terdapat di SMA Stella Duce 2 Yogyakarta belum sesuai dengan orkestra sebenarnya. Namun kegiatan yang terdapat di sekolah ini dapat disebut ansambel campuran Metode yang digunakan untuk pembelajaran kegiatan ini sudah sudah tepat. Metode drill merupakan metode yang baik untuk pembelajaran yang membutuhkan keterampilan. Kegiatan ini dapat menjadi identitas SMA Stella Duce 2 Yogyakarta yang diunggulkan dalam bidang non akademik karena sekolah ini merupakan sekolah umum yang mengawali adanya kegiatan ekstrkurikuler orkestra dan juga aktif dalam berbagai kegiatan sehingga hal ini memiliki daya tarik dan menjadi ciri khas tersendiri bagi sekolah.
Tidak tersedia versi lain