Tugas Akhir
Implementasi teori belajar behavioristik pada pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 14 Yogyakarta
Penelitian dengan judul “Implementasi Teori Belajar Behavioristik pada Pembelajaran Ekstrakurikuler di SMP Negeri 14 Yogyakarta” dilatarbelakangi oleh daya tarik pembelajaran ini sehingga diminati oleh peserta didik, banyak menyumbang prestasi untuk sekolah, dan aktif mengisi paduan suara dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti pentas seni dan upacara bendera. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 14 Yogyakarta khususnya kaitannya dengan implementasi teori belajar behavioristik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disusun dalam bentuk deskripsi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler di SMP Negeri 14 Yogyakarta telah menerapkan pendekatan pembelajaran sesuai dengan teori belajar behavioristik yaitu adanya stimulus dan respon antara guru dan peserta didik. Stimulus yang diberikan yaitu persiapan, latihan, reward dan punishment, dan evaluasi serta penilaian. Pembelajaran dengan penerapan prinsip teori belajar behavioristik terlaksana dengan baik. Peserta didik mampu menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa sesuai dengan notasi dan teknik yang tepat. Guru memberikan penilaian sebagai bentuk pengukuran capaian kemampuan peserta didik yang dapat diamati sebagai suatu bentuk perubahan.
Tidak tersedia versi lain