Tugas Akhir
Penerapan dan Manfaat Aransemen Repertoar Drumband Ekstrakurikuler Sekolah Dasar Paliyan II Gunungkidul
Pendidikan sangat penting dalam membentuk masa depan seseorang, setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dasar. Akan tetapi, terdapat kesenjangan yang signifikan dalam kualitas dan akses pendidikan, termasuk pendidikan musik, yang bisa berdampak negatif pada perkembangan anak-anak. Kesenjangan ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti akses yang tidak merata terhadap sumber daya untuk pengajaran musik, prioritas serta kebijakan sekolah yang lebih mengutamakanmata pelajaran akademis, serta faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi akses anak-anak terhadap pelajaran musik. Penelitian mengungkapkan bahwa kesenjangan dalam pendidikan musik dapat mempengaruhi kecerdasan musikal siswa dan berbagai aspek perkembanganlainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan kualitas aransemen materi kegiatan ekstrakurikuler drumband maupun penerapan, dan mengobservasi dampaknya terhadap kualitas kecerdasan musikal siswa serta mengetahui bentuk karya aransemen yang dipelajari siswa dalam rangka mengetahui manfaat aransemen yang baik bagi anak-anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitiatif musikologis. Pengumpulan data dilakukan di SD Paliyan II Gunungkidul yang berlokasi di Desa Karangduwet, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan perkembangan kecerdasan musikal di SD Paliyan II melalui penerapan repertoar drumband yang sudah diaransemen terbukti berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari cara memahami musik, memahami nada, irama, ketukan, serta lebih semangat dan antusias dalam berlatih. Bentuk aransemen repertoar drumband yang dipelajari oleh peserta didik adalah bentuk lagu 3 bagian ( A A’ B C C’).
Tidak tersedia versi lain