Tugas Akhir
Implementasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran tari turangga yaksa di Sanggar Tari Sekar Mayang Trenggalek
Sanggar Tari Sekar Mayang Trenggalek merupakan sanggar yang aktif dalam mencetak generasi muda dengan mengedepankan kearifan seni budaya lokal. Seni budaya lokal tersebut yaitu tari Turangga Yaksa. Pendidik sanggar menerapkan teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran tari Turangga Yaksa untuk memahami setiap karakter siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran tari Turangga Yaksa di Sanggar Tari Sekar Mayang Trenggalek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus (case study). Objek penelitian yaitu implementasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran tari Turangga Yaksa yang diidentifikasi, dideskripsikan, dan diungkapkan dari pengamatan proses pembelajaran secara aktif. Subjek penelitian yaitu pelatih, pengelola sanggar, serta siswa yang mengikuti pembelajaran tari Turangga Yaksa di Sanggar Tari Sekar Mayang Trenggalek Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teori Creswell yang dilakukan dengan enam tahapan, yakni tahap persiapan data, general sense, coding data, deskripsi data, menyajikan data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teori belajar konstruktivisme secara umum berjalan dengan baik dan sesuai dengan tahapan, karakteristik, dan prinsip teori belajar konstruktivisme. Karakteristik dan prinsip, tahapan, teori belajar konstruktivisme ditemukan di setiap pertemuan dalam kegiatan yang berbeda sesuai dengan kondisi pembelajaran. Implementasi teori belajar konstruktivisme memberikan peluang kepada siswa untuk membangun pengetahuan dan keterampilannya atas usaha sendiri sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal, meskipun masih terdapat hambatan yakni manajemen waktu pembelajaran yang kurang terkelola.
Tidak tersedia versi lain