Tugas Akhir
Project based learning pada materi drama musikal kelas XI di jurusan teater SMK Negeri 12 Surabaya
Penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran yang monoton menjadi penyebab peserta didik kurang berperan aktif dalam kegiatan belajar. Dengan penerapan model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran umum dapat meningkatkan keefektifan dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan penerapannya pada pembelajaran seni salah satunya pembelajaran seni teater. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran materi drama musikal kelas XI di Jurusan Teater SMK Negeri 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, jenis penelitian deskriptif dengan penganalisisaan, perencanaan serta pelaksanaan yang diperoleh dari penemuan selama dilapangan yang berhubungan dengan topik yang diteliti yaitu objek penelitian Project Based Learning pada Materi Drama Musikal Zero kelas XI di Jurusan Teater dan subjek penelitian guru dan siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian perihal proses pembelajaran dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berhasil untuk meningkatkan keaktifan siswa. Siswa lebih mampu memahami tentang materi drama musikal dengan praktek langsung. Cara mengajar guru jadi tidak membosankan karena guru langsung masuk untuk mengevaluasi proses latihan siswa disetiap pertemuan. Hasil proyek yang dihasilkan berbentuk pertunjukan drama musikal Zero karya Putu Wijaya yang memiliki garis besar tentang peduli lingkungan. Proses pembelajaran dilaksanakan 7 kali pertemuan dengan penerapan modul sebagai pedoman yang di dalamnya menggunakan sintak PjBL pada setiap pertemuan.
Tidak tersedia versi lain