Penelitian
Cinema theraphy sebagai dasar penciptaan film anak di era pandemi Covid-19
Penelitian ini merupakan Penelitian Terapan berupa penciptaan Film anak di era Pandemi covid-19 dengan pendekatan cinema therapy. Anak-anak menjadi salah satu pihak yang sangat merasakan dampak pandemic covid-19. Mereka harus menyesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang selama ini jauh dari kehidupan mereka. Hal ini berdampak pada psikologis mereka, dan akan mempengaruhi perkembangan diri mereka kedepan. Cinema therapy merupakan salah satu cara yang tepat. Dengan menghadirkan tontonan (Film) pada anak-anak, hal ini akan menjadikan terapi healing dan mengembalikan dunia anak-anak seperti sedia kala. Penciptaan ini merujuk pada pada tahapan-tahapan penciptaan kreatif yang dikemukakan oleh Graham Wallas dalam buku Psikologi Seni karangan Irma Darmayanti Tahapan-tahapan tersebut yaitu, (a) Preparation (Persiapan), (b) Incubation (pengeraman), (c) Ilumination (tahap ilham, inspirasi), (d) Verification (tahap pembuktian atau pengujian). Penciptaan film ini diharapkan menjadi salah solusi untuk terapi healing bagi anakanak yang terdampak covid-19. Selain itu penciptaan ini diharapkan bisa menginspirasi sineas dalam menciptakan karya dan memilih cinema therapi dalam penciptaan karya. Penciptaan film ini juga bertujuan membangun ruang kreatif dan wacana kreatif di kelas Produksi Film drama di Jurusan Teater dalam hal penciptaan karya. Dalam kaitanya dengan Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT), hasil karya penciptaan ini merujuk pada Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) 5, selain karena karya prototiep ini berdasarakan dengan karya seni sejenis yang telah dikembangkan pada skala studio, karya penciptaan film ini juga merupakan bagian dari inovasi dan aktualisasi gaya seni. Penciptaan karya ini juga melalui tahap pengujian berdasarkan skala studio berdasarkan standart yang berlaku secara nasional dan internasional sesuai estetika yang berlalu pada saat ini.
Tidak tersedia versi lain