Penelitian
Efektivitas project based learning pada capaian mata kuliah fotografi cetak tua, studi kasus Pameran APHIC Week #3 'Eksplorasa'
Prodi Fotografi, FSMR, ISI Yogyakarta merupakan satu-satunya perguruan tinggi seni yang mengajarkan fotografi cetak tua. Proses perkuliahan mata kuliah ini dijalankan model Project Based Learning (PBL). Namun demikian, analisis mengenai efektivitas PBL pada mata kuliah ini dan atau mata kuliah praktikum lainnya secara umum belum dilakukan. Kesenjangan ini menjadi permasalahan utama yang akan dideskripsikan melalui penelitian ini. Teori atau konsep yang digunakan yaitu tentang model PBL. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif Pameran Alternative Photographic Process Week (APHIC Week) #3 'Eksplorasa" yang dikelola dan diikuti oleh mahasiswa angkatan 2021. Tahapan penelitian
dimulai dari pengumpulan data, diantaranya berupa dokumen kegiatan pengelolaan pameran, karya seni yang dibuat mahasiswa, dan publikasi penyelenggaraan pameran. Selanjutnya disusul dengan tahapan pengolahan data, dan proses analisis serta deskripsi untuk menguraikan indikator efektivitas penerapan PBL. Berdasarkan analisis tentang pengalaman belajar dan strategi pengelolaan serta pelaksanaan pameran, efektivitas dan capaian peningkatan keterampilan teknis terwujud pada hasil eksplorasi teknis yang dilakukan mahasiswa untuk menghasilkan karya yang artistik. Sedangkan indikator efektivitas non teknis dicapai dari pengelolaan perencanaan dan pelaksanaan pameran oleh mahasiswa yang terlaksana dan mendapatkan atensi publik. Hal tersebut sekaligus merupakan aspek orisinalitas dari penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain