Tugas Akhir
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Pembelajaran Seni Budaya di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan yang ada pada Kurikulum Merdeka dan bertujuan agar peserta didik dapat membentuk karakter sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. P5 merupakan kegiatan yang menjadikan peserta didik merasa tertarik dan mudah untuk menyerap pengetahuan serta keterampilan yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan penerapan hasil P5 pada Pembelajaran Seni Budaya di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, kemudian data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Seni Budaya, dengan subjek guru Seni Budaya, peserta didik, tim produksi, dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Teknik validasi menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhineka Tunggal Ika” di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berhasil dilaksanakan dengan membuat sebuah pertunjukan seni tari dan seni musik dengan berpijak pada aspek P5 yaitu: 1) Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME), dan berakhlak mulia 2) Kebhinekaan Global 3) kreatif 4) Gotong royong 5) Bernalar Kritis. 6) Mandiri. Dari keenam aspek P5 peserta didik lebih aktif mengikuti pembelajaran proyek karena menurut peserta didik pembelajaran P5 menyenangkan, peserta didik lebih percaya diri, peserta didik lebih peka terhadap lingkungan sekitar, dan peserta didik lebih bebas untuk mengekspresikan kreativitasnya.
Tidak tersedia versi lain