Tugas Akhir
Metode Drill: Pengembangan Motorik Halus Siswa Tunagrahita Dalam Ekstrakurikuler Ansambel Musik Di SLB-C PGRI Minggir
Tujuan penelitian ini ingin mengetahui metode drill yang diterapkan oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan motorik pada siswa tunagrahita di SLB-C PGRI Minggir. SLB-C PGRI Minggir merupakan sekolah swasta yang menampung anak-anak berkebutuhan khusus, terutama anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki kemampuan daya pikir sekaligus daya ingat yang sangat lemah. Hal ini berpengaruh dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni musik yang membutuhkan konsentrasi penuh. Metode Penelitian yang digunakan ialah Kualitatif Diskriptif dengan pendekatan studi kasus pada siswa tungrahita dalam pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB-C PGRI Minggir. Hal tersebut dilakukan dengan pengamatan dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler musik di SLB-C PGRI Minggir secara langsung dan wawancara secara mendalam dengan guru pengampu ekstrakurikuler musik. Studi Literatur yang mencakup penelitian terdahulu dan landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini membantu dalam proses hasil dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill yang dilakukan untuk meningkatkan motorik siswa tunagrahita, terlihat dari perubahan kemajuan yang bertahap secara positif dalam keterampilan memainkan alat musik sekaligus peningkatan level ingatan siswa dan keterlibatan siswa dalam memainkan repertoar lagu. Penerapan metode drill terbukti dengan peningkatan dalam keterampilan motorik memegang alat musik, koordinasi gerakan tangan dalam memainkan alat musik pianika, keyboard dan bass drum, serta kemampuan memainkan lagu oleh siswa lebih percaya diri.
Tidak tersedia versi lain