Penelitian
Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran Tari Jenjang SMP dalam Kurikulum Merdeka
Pembelajaran Seni dalam kurikulum sekolah berfungsi untuk mengembangkan sikap dan kemampuan siswa agar berkreasi dan menghargai seni. Selain itu. dengan adanya pembelajaran seni bertujuan untuk mcmbentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya. Pelaksanaan datani pembelajaran, ruang lingkup pendidikan seni meliputi aspek pengetahuan, apresiasi dan pengalaman kreatif. Berkarya seni pada dasarnya adalah proses membentuk gagasan dan mengolah media seni untuk mewujudkan bentuk-bentuk karya seni yang baru. Salah satu dimensi yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan nasional di masa depan adalah kebijakan mengenai kurikulum, Kurikulum merupakan jantung dari dunia pendidikan, termasuk untuk pembelajaran seni itu sendiri. Sasaran dari penelitian ini adalah dihasilkannya metode baru penyempurnaan Project Based Learning untuk pcngembangan pembelajaran tari jenjang SMP. Penelitian ini berorientasi kepada penjelasan atas penemuan kasus implementasi Project Based Learning guna mengantisipasi suatu masalah baru. Penelitian ini memiliki Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) pada level 3 karena akan menganalisa konsep Project Based Learning dalam kasus pembelajaran tari jenjang SMP pada kurikulum merdeka. Capaian luaran yang berbentuk jurnal telah disusun dan disubmit pada jurnal terakreditasi sinta 2 yaitu jumal Pedagogy Pembelajaran, adapun alamat websitenya yaitu https://ejoumal.undiksha.ac.id/index.php/JP2 (bukti terlampir). Secara bertahap peneliti juga menunggu dan selalu memantau artikel seminar internasional ICLIQE (diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta) yang dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2023, dan saat ini masih dalam tahap in editing pada proses prosiding.
Tidak tersedia versi lain