Penelitian
Degradasi Pengaruh Fotografi dalam Iklan Produk bagi Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian
Fenomena visual di era digital menjadikan persoalan persepsi masyarakat terhadap iklan perlu dibaca kembali keefektifannya. Fotografi yang selama ini diyakini sebagai media yang dapat membentuk citra dalam benak konsumen telah mengalami degradasi pengaruh. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis degradasi pengaruh fotografi dalam iklan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan format kausalitas dan deskriptif sebagai kesinambungan dengan analisis estetika (daya tarik desain). Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian kausalitas sebagai upaya untuk menguji kebenaran hubungan kausal (cause-and-effect) ini adalah hubungan variabel independen (yang memengaruhi) dengan variabel dependen (yang dipengaruhi) dalam keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik kualitas dan spesifikasi produk lebih menonjol/dominan dibandingkan dengan daya tarik visual pada fotografi iklan dalam memengaruhi keputusan pembelian sebuah produk oleh konsumen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kekuatan visual atau daya tarik visual tidak lagi memengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan tindakan membeli.
Tidak tersedia versi lain