Penelitian
Tipo dan pemahaman ejaan Bahasa Indonesia dalam penulisan tugas akhir mahasiswa
Penulisan Tugas Akhir merupakan keharusan mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk mengakhiri studinya. Penyampaian gagasan yang tepat menggunakan bahasa baku, termasuk kaidah ejaan dan tanda baca harus diterapkan dengan benar agar isi TA mudah dipahami. Namun, dijumpai banyak penulisan TA mahasiswa belum menerapkan kaidah kebahasaan tersebut sehingga masih terdapat banyak kesalahan. Salah satu yang dijumpai adalah tipo. Tipo menjadi kata bertuah untuk melindungi diri dari kesalahan tik (kesalahan yang bersumber dari ketidakakuratan data). Kesalahan dapat pula disebabkan oleh kurangnya penguasaan kaidah ejaan dan kurangnya ketelitian dalam menulis. Padahal kesalahan ejaan dalam menulis dapat berpengaruh terhadap kejelasan informasi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan penerapan ejaan dan menunjukkan perbedaan jumlah kesalahan dengan menganalisis hubungan antarvariabel kesalahan pada penulisan TA Prodi Pendidikan Musik dan Prodi Seni. Metode penelitian bersifat kualitatif dengan data sebanyak dua puluh TA sebagai sampel yang diambil secara acak di perpustakaan prodi. Analisis hanya akan dilakukan pada bab pendahuluan TA karena isi bab tersebut didominasi ide penulis, seperti: latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian. Luaran dari penelitian ini adalah artikel yang diterbitkan dalam jurnal terakreditasi Sinta. TKT penelitian adalah TKT 3. Kata kunci: Kata kunci: tipo, ejaan, bahasa Indonesia, tugas akhir
Tidak tersedia versi lain