Penelitian
Penerapan Subpixel, Animation Dalam Penganimasian Aset Visual Game "Panji Tales"
Fenomena penambangan crypiocurrency yang menyebabkan kelangkaan kartu grafis di pasaran. Hal ini secara tidak langsung berpotensi meningkatkan popularitas lightweight games karena game jenis ini tidak menuntut spesifikasi perangkat keras komputer yang tinggi. Salah satu lightweight games yang populer adalah game bergenre pixel art. Banyak cerita rakyat Indonesia yang berpotensi diadaptasi ke dalam game. Salah satu cerita rakyat potensial tersebut adalah Kisah Panji karena kisah ini terdokumentasi dengan baik dalam hal naskah maupun visual. Visual yang paling lengkap menampilkan setting Kisah Panji adalah Wayang Gebyok dan relief candi langgam Jawa Timur. Baik wayang gebyok maupun relief candi langgam Jawa Timur menampilkan tampak samping tokoh dengan kepala besar. Penggambaran tokoh dan lingkungan seperti ini dapat dengan mudah diadaptasi dalam karyapixe/ art. Karya 2D harus dianimasikan sebagai sprite ketika hendak diterapkan dalam game 2D. Proses pembuatan sprite dapat dilakukan dengan proses produksi yang terdiri dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tantangan muncul ketika yang dianimasikan adalah karya pixel art. Penganimasian gambar pixel art secara konvensional, yakni dengan sekedar menggerakkan siluet tokoh/obyek akan menghasilkan gerakan yang kasar akibat keterbatasan resolusi gambar. Untuk menghasilkan animasi pixel art yang halus, karyapixel art dapat digerakkan dengan metode subpixel animation. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aset visual game berjudul "Panji Tales" yang merupakan game bergenrepixel graphics game yang dirancang sebagai antisipasi kemungkinan meningkatnya popularitas lightweight games. Luaran utama dari penelitian ini adalah artikel jurnal nasional terakreditasi minimal SINTA 5 dengan status SUbmitted Di samping luaran utama, terdapat pula luaran tambahan berupa HI
Tidak tersedia versi lain