Tugas Akhir
Analisis Efek Visual dalam Membangun Realitas Aktual dan Realitas Virtual pada Film “Ready Player One” (2018)
Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan efek visual sebagai fondasi utama dalam membangun dan membedakan realitas aktual (Ohio Columbus) dan realitas virtual (Dunia Permainan Oasis) dalam film "Ready Player One". Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana efek visual, seperti Fix it Shot, Screen insert, Rig Removal & Periode Cleanup, Set extensions, Crowd simulation, Action Elements, dan Advanced VFX, memainkan peran kunci dalam membentuk kedua realitas tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan observasi non-partisipan terhadap keseluruhan adegan film untuk mengidentifikasi dan menganalisis penggunaan efek visual dalam membedakan realitas aktual dan virtual. Dengan pendekatan dokumentasi, elemen efek visual yang digunakan dalam membangun setiap realitas dalam film direkam dan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek visual memainkan peran penting dalam menciptakan perbedaan yang signifikan antara realitas aktual dan realitas virtual. Realitas terkini, yang digambarkan sebagai dunia distopia yang kacau dan penuh polusi, diwujudkan melalui penggunaan efek Visible Effect & Invisble Effect. Sementara itu, realitas virtual dalam dunia Oasis menawarkan lingkungan yang beragam dan menarik, dengan fokus pada desain grafis, pembentukan karakter, tekstur, pencahayaan, dan animasi. Temuan penelitian ini menekankan bahwa efek visual bukan hanya tambahan visual semata, melainkan merupakan alat utama dalam membentuk, memperkuat, dan mendukung film naratif. Melalui penggunaan efek visual yang tepat, film mampu memberikan kontras yang jelas antara kedua realitas tersebut, menciptakan pengalaman visual yang memukau, serta mendukung penceritaan yang kuat. Efek visual bukan hanya elemen tambahan, tetapi juga merupakan fondasi penting dalam menggambarkan kedua realitas secara keseluruhan.
Tidak tersedia versi lain