Tugas Akhir
Analisis perbandingan pengalaman emosi anak terhadap gerak aktivitas musikal di TK Hanacaraka Edukids Montessori School Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman emosi anak-anak dalam aktivitas musik disertai gerak di kelas Sadewa B dan C TK Hanacaraka Edukids Montessori School Yogyakarta secara mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas Sadewa B dan C dengan jumlah siswa 31 orang dengan rentang umur yang berbeda. Sadewa B 5-7 tahun dan Sadewa C 4-5 tahun dan penelitian ini juga melakukan wawancara dengan murid, wali kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi pastisipatif, wawancara, literatur-literatur dan penelitian terkait, dan rekaman video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan musik dan gerak umumnya memberikan pengalaman emosional yang positif pada anak-anak, walaupun terdapat variasi dalam ekspresi emosional individu. Faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain perbedaan tahap perkembangan kognitif dan emosional pada kedua kelompok kelas yang berbeda, kemampuan bahasa yang berbeda, pengalaman sosial yang berbeda, dan faktor kepribadian individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana aktivitas musikal yang disertai gerakan dapat mempengaruhi pengalaman emosional pada anak-anak khususnya anak TK di TK Hanacaraka Edukids Montessori School, mencari tahu perbedaan pengalaman emosional anak-anak di kelas Sadewa B dan C terhadap aktivitas gerak menggunakan musik di TK Hanacaraka. Edukids Montessori School, dan memahami faktor-faktor apa yang mempengaruhi perbedaan pengalaman emosi pada kelas Sadewa B dan Sadewa C di TK. Sekolah Montessori Hanacaraka Edukids. Penelitian ini menghubungkan hasil penelitian dengan teori Self Determination (SDT) dan Golden Age Theory, menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan psikologis dasar anak-anak melalui kegiatan musikal dan gerak untuk mendukung perkembangan emosional dan sosial mereka.Kegiatan musikal dan gerak terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan kesejahteraan. anak-anak, yang penting bagi perkembangan holistik mereka di masa depan. Penelitian ini juga mengedepankan pemikiran bahwa aktivitas musikal yang disertai gerak dapat memberikan dampak pada pengalaman emosi anak yang nantinya dapat mempengaruhi banyak aspek di masa dewasa atau kemudian hari.
Tidak tersedia versi lain