Tugas Akhir
Perancangan Modul Pembelajaran Biola untuk Ekstrakurikuler Biola di Smp Tarakanita Citra Raya Kabupaten Tangerang
Pembelajaran ekstrakurikuler biola di SMP Tarakanita Citra Raya Kabupaten Tangerang dilaksanakan oleh guru seni budaya. Ekstrakurikuler biola di SMP Tarakanita Citra Raya tidak mempunya modul dan guru belum mempunyai acuan dalam membuat modul. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses perancangan modul pembelajaran biola dan efektifitas pembelajaran biola dari modul yang telah dirancang pada ekstrakurikuler biola di SMP Tarakanita Citra Raya Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Modul pembelajaran ekstrakurikuler biola di SMP Tarakanita Citra Raya Kabupaten Tangerang yang mengacu pada Buku Suzuki Violin School volume 1-2 dirancang kedalam empat bagian modul dengan total 12 pertemuan dan diskusi yang dilakukan bersama stakeholder turut menjadi bahan pertimbangan peneliti dalam merancang modul. Efektifitas pembelajaran ini belum bisa maksimal karena keterbatasan waktu. Selama 12 kali pertemuan pembelajaran ekstrakurikuler biola di SMP Tarakanita Citra Raya Kabupaten Tangerang sudah mencapai modul ketiga.
Tidak tersedia versi lain