Tugas Akhir
Penggunaan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Keyboard pada Siswa Kelas IV & V di SD Budya Wacana Yogyakarta
Pembelajaran keyboard termasuk dalam mata pelajaran seni musik di SD Budya Wacana Yogyakarta. Kelas pembelajaran keyboard di SD Budya Wacana Yogyakarta menghadapi kesulitan saat ada siswa yang tidak hadir, karena siswa akan ketinggalan materi sehingga tidak dapat memainkan lagu yang diberikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hasil dari penggunaan model blended learning dalam pembelajaran keyboard pada siswa kelas IV & V di SD Budya Wacana Yogyakarta. Siswa yang terlibat adalah 20 siswa yang terdiri dari 9 siswa kelas IV B & 11 siswa kelas V C. Proses pembelajaran keyboard dalam penelitian ini terdiri dari empat pertemuan secara onsite dan dua pertemuan secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa dalam penelitian ini mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan blended learning efektif dalam pembelajaran keyboard pada siswa kelas IV & V di SD Budya Wacana Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain