Tugas Akhir
Perancangan ulang interior TK ABA Suryocondro sebagai sekolah percontohan seni budaya
Anak usia dini merupakan anak yang berada pada masa ‘keemasan’ sehingga pendidikan pada masa tersebut menjadi sangat penting. Salah satu lembaga formal pendidikan anak usia dini adalah Taman Kanak-Kanak. TK ABA Suryocondro merupakan alternatif pilihan untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut. TK ini berada di Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Selain letaknya yang berada di area tersebut, sekolah ini merupakan sekolah dengan status sekolah percontohan seni budaya. Dengan status tersebut, TK ini belum memunculkan karakter tersebut pada interiornya. Untuk memunculkan karakter tersebut, perancangan interior dengan konsep ‘Learning by Doing’ menjadi pilihan dimana setiap fasilitas merupakan pembelajaran bagi anak. Konsep tersebut akan diaplikasikan pada bentuk, material, warna, dan berbagai aspek interior lainnya. Unsur lokalitas ditonjolkan dalam perancangan ini. Metode yang dilakukan dalam perancangan menggunakan metode perancangan design thinking yang dikumpulkan melalui empathize, define, ideate, prototype, dan testing.
Tidak tersedia versi lain