Tugas Akhir
Perancangan Kampanye Pencegahan pernikahan dini dalam rangka usaha penurunan angka stunting kabupaten Gunungkidul
Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan kampanye pencegahan pernikahan dini sebagai upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Gunungkidul. Metode analisis yang digunakan adalah 5W1H untuk merinci dan memahami isu-isu kesehatan masyarakat yang melibatkan remaja. Kampanye ini memfokuskan pada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang dampak pernikahan dini terhadap angka stunting. Melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual, berbagai media seperti foto, ilustrasi, infografis, animasi kolase digital, tipografi kinetik, video wawancara, diintegrasikan ke dalam desain grafis media sosial, digunakan untuk menciptakan pesan edukatif yang menarik dan dapat meresap ke dalam lapisan masyarakat. Langkah-langkah strategis diterapkan untuk mencapai audiens target, khususnya remaja, yang lebih cenderung berinteraksi melalui media sosial. Melibatkan elemen kreatif dan strategi komunikasi yang matang, kampanye ini diharapkan dapat mengubah perilaku dan meningkatkan kesadaran remaja terhadap pentingnya menghindari pernikahan dini guna mengurangi risiko stunting pada anak. Perancangan ini memberikan kontribusi di bidang Desain Komunikasi Visual dengan menyajikan solusi inovatif dan relevan untuk mengatasi permasalahan sosial yang kompleks, sambil memberikan inspirasi untuk pengembangan lebih lanjut di masa depan.
Tidak tersedia versi lain