Tugas Akhir
Perancangan game digital untuk mengenalkan Wayang Beber Remeng Mangunjaya kepada remaja
Wayang Beber menjadi bukti dari banyaknya kekayaan budaya negara Indonesia. Namun pada era sekarang ini, Wayang Beber kurang populer bila dibandingkan dengan berbagai bentuk wayang lainnya. Jumlah koleksi peninggalan Wayang Beber kuno di Indonesia yang hanya berjumlah dua mengakibatkan sulitnya akses terhadap bentuk wayang tersebut dan juga memberi dampak negatif terhadap popularitas Wayang Beber di kalangan remaja. Kehidupan sehari-hari yang serba digital semakin menjauhkan Wayang Beber dari remaja Indonesia. Maka dari itu diperlukannya suatu bentuk adaptasi Wayang Beber dalam media yang lebih modern agar mudah dijangkau dan dapat lebih mudah dikenalkan kepada remaja. Melalui metode 5W + 1H, game digital dipilih sebagai media sarana pengenalan Wayang Beber Remeng Mangunjaya kepada remaja karena dinilai dapat mengenalkan suatu bentuk kebudayaan melalui cara yang entertaining. Hasil dari utama dari perancangan ini adalah playable prototype dari game digital bergenre beat em’ up yang dapat dimainkan oleh dua pemain sekaligus sebagai daya tarik bagi para remaja untuk bermain bersama-sama dengan teman sebayanya.
Tidak tersedia versi lain