Tugas Akhir
Penerapan metode Kodaly pada pembelajaran seni musik recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan
Dalam pendidikan seni, terutama dalam pembelajaran seni musik, jelas terlihat beragam kemampuan musikal siswa. Beberapa memiliki kemampuan musikalitas yang tinggi, sementara yang lain mungkin memiliki kemampuan yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Kodaly dalam pembelajaran seni musik recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis Peneitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru seni budaya serta peserta didik kelas VII A dan objeknya ialah metode Kodaly pada pembelajaran seni musik recorder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validasi data pada penelitian kulitatif menggunakan triangulasi teknik, dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini telah berhasil menanggapi permasalahan yang diajukan dan membuktikan bahwa penerapan metode Kodaly hand sign dapat meningkatkan keterampilan bermain alat musik recorder di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Dapat diamati bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek keterampilan setiap siklus berlangsung. Pada tahap siklus pertama, hanya 12 siswa yang berhasil mencapai kriteria penilaian, mencakup 48% dari total siswa. Selanjutnya pada siklus II, terlihat bahwa 22 siswa berhasil mencapai kriteria penilaian mencakup presentase sebesar 88%. Total presentase peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 40%. Ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Kodaly hand sign pada pembelajaran seni musik recorder mengalami peningkatan yang tinggi setiap kali siklus berjalan.
Tidak tersedia versi lain