Tugas Akhir
Strategi pembelajaran langsung pada tari kreasi di Kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta
Penelitian dengan judul Strategi Pembelajaran Langsung Pada Tari Kreasi di Kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta berlatar belakang mengenai fenomena dalam kelas yang terdapat dua jenis siswa, siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus dan guru harus memakai satu strategi pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran tari kreasi di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Metode penelitian ini kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran tari kreasi yang digunakan di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi metode, sumber, dan waktu. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tari kreasi di kelas V SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta adalah strategi pembelajaran langsung dengan enam komponen strategi pembelajaran yaitu tujuan pembelajaran, materi/bahan pelajaran, kegiatan pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evalusi pembelajaran. Metode ceramah dilakukan di awal untuk penjelasan pembelajaran tari kreasi, diskusi dilakukan untuk membantu siswa dalam memahami pembelajaran, demonstrasi dan latihan (drill) dilakukan agar siswa lebih memahami di setiap gerak tari kreasi.
Tidak tersedia versi lain