Tugas Akhir
Implementasi sila-sila Pancasila pada pembelajaran kesenian Didong Gayo di Sanggar Renggali Takengon Kabupaten Aceh Tengah
Kesadaran untuk menjalankan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari- hari perlu ditumbuhkembangkan. Implementasi atau penerapan sila-sila Pancasila dapat dilakukan melalui pembelajaran kesenian Didong Gayo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap sila-sila Pancasila yang terkandung dalam kesenian Didong Gayo. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah ketua sanggar, pelatih, dan tokoh kesenian Didong Gayo. Objek penelitian ini adalah Implementasi sila-sila Pancasila pada pembelajaran Kesenian Didong Gayo di Sanggar Renggali Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Triangulasi sumber digunakan dalam penelitian ini untuk menguji kredibilitas data tentang kesenian Didong Gayo yang diperoleh dari narasumber yakni tokoh kesenian Didong Gayo, ketua sanggar, pelatih sanggar, dan anggota sanggar. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara terus menerus dengan tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sanggar Renggali Takengon telah menerapkan sila-sila Pancasila pada pembelajaran kesenian Didong Gayo. Sila-sila Pancasila meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila-sila Pancasila terkandung dalam tata busana dan syair Didong Gayo yang berjudul Pancasila.
Tidak tersedia versi lain