Tugas Akhir
Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi musik ansambel sejenis di SMP Negeri 3 Pleret Bantul
Proses pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam ruang lingkup pembelajaran. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 3 Pleret Bantul, siswa tidak dapat mengembangkan daya kreativitas, tidak mampu untuk menyelesaikan masalah secara kerja sama dan diskusi. Hal ini terjadi karena proses pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat dan pendekatan pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered learning, di mana pendekatan ini sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, mendeskripsikan implementasi model pembelajaran group investigation pada materi musik ansambel sejenis di SMP Negeri 3 Pleret Bantul. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan proses pembelajaran materi musik ansambel sejenis di SMP Negeri 3 Pleret, Bantul dengan fokus pembahasan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses validasi data menggunakan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan model pembelajaran model pembelajaran group investigation pada materi musik ansambel sejenis dari tahapan pertama hingga terakhir, membuat siswa lebih aktif, partisipatif, kreatif, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran group investigation mempunyai dampak positif terhadap cara mengajar guru seni budaya.
Tidak tersedia versi lain