Tugas Akhir
Proses pembelajaran karya sendratari Meras Gandrung Di SMK Negeri 1 Banyuwangi
Sendratari Mêras Gandrung adalah hasil proses pembelajaran dari siswa dan siswi serta guru Jurusan Seni Tari SMK Negeri 1 Banyuwangi. Berawal dari pembelajaran tari Jêjêr Gandrung yang merupakan materi pokok yang diajarkan di kelas X kemudian dikembangkan ke dalam bentuk sajian Sendratari Mêras Gandrung yang menceritakan perjalanan seorang penari Gandrung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian adalah pertunjukan Sendratari Mêras Gandrung, dengan subjek penelitian guru tari, pengelola Taman Gandrung Terakota, dan peserta didik jurusan seni tari. Lokasi Penelitian di SMK Negeri 1 Banyuwangi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi teknik, analisis data yang digunakan dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung meliputi 1) metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi 2) tahapan pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung 3) pembagian kegiatan yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung melibatkan siswa secara penuh dalam segala rangkaian kegiatan. Titik fokus dalam proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung adalah kreativitas siswa dalam berpikir dan menciptakan hal baru. Proses pembelajaran karya Sendratari Mêras Gandrung merupakan tempat yang memang tepat digunakan untuk siswa mengembangkan potensi dan keahliannya, karena siswa tidak hanya belajar satu bidang seni saja tetapi juga mempelajari bidang seni lainnya,
Tidak tersedia versi lain