Tugas Akhir
Perancangan Board Game sebagai Media Pembelajaran Konversi Satuan pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar
Berbagai mata pelajaran diajarkan di sekolah. Namun, urgensi yang umumnya terjadi pada siswa di sekolah adalah mengenai kurangnya minat sebagian siswa pada mata pelajaran tertentu, terutama pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan perkembangan kognitif Piaget, anak-anak SD pada umumnya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak. Hasil survei pun menunjukkan bahwa antara matematika dasar yang dipelajari di SD, hanya 6% siswa yang meminati materi bertema konversi satuan. Salah satu penyebab guru mengalami kesulitan selama proses pembelajaran matematika adalah penggunaan buku tematik yang dirasa kurang efektif untuk pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang lebih variatif demi menarik minat para siswa terhadap matematika, khususnya terhadap materi konversi satuan. Untuk menghindari metode pembelajaran yang monoton atau berpusat pada guru, maka diperlukan media yang membantu menggambarkan konsep materi agar lebih konkret sehingga sesuai dengan perkembangan kognitif anak. Salah satunya adalah dengan mengajak para siswa lebih aktif menggunakan metode yang lebih menyenangkan seperti media board game. Konsep tentang konversi satuan diterapkan dalam bentuk permainan menggunakan gamifikasi. Melalui tahapan akhir, board game hasil perancangan diujikan ke anak SD dan menerima umpan balik menggunakan indikator Fun Toolkit untuk mencapai tujuan perancangan dalam membantu anak SD menikmati proses belajar, sehingga mereka lebih antusias dan memiliki minat dalam belajar matematika.
Tidak tersedia versi lain