Tugas Akhir
Perancangan kampanye waspada greenwashing dalam fast fashion di Indonesia
Greenwashing didefinisikan sebagai strategi bisnis membangun citra ramah lingkungan tanpa aksi nyata. Fenomena greenwashing di industri busana, terutama fast fashion, mengelabui konsumen pakaian untuk berpikir ada kontribusi positif terhadap lingkungan ketika mereka membeli pakaian fast fashion. Karena itu, sebuah kampanye mengenai fenomena greenwashing tersebut dibuat sebagai media inisiasi yang mengajak audiens untuk mencari tahu lebih lanjut fenomena greenwashing dalam fast fashion. Kampanye dibuat dengan metode 5W1H untuk menentukan media serta metode distribusi yang tepat, dipasangkan dengan studi lapangan ke berbagai pusat perbelanjaan pakaian. Kampanye akhirnya dibuat dalam bentuk seri video pendek yang di unggah ke media sosial yang relevan untuk konsumen fast fashion berumur 18-34 tahun. Kampanye menggunakan maskot serta latar belakang gurun Atacama dari Amerika Selatan sebagai salah satu TPA pakaian terbesar dunia. Audiens mengikuti petualangan maskot mempelajari fenomena greenwashing bersamasama. Dengan kampanye ini, diharapkan audiens dapat mendapatkan dorongan untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai greenwashing dalam fast fashion.
Tidak tersedia versi lain