Tugas Akhir
Perancangan board game sebagai pembelajaran character building untuk anak usia 4 - 6 tahun
Pendidikan karakter atau pembentukan karakter merupakan hal penting yang perluditanamkansejakdini. Karakter seseorang akan mempengaruhi sifat, cara berbicara, cara berpikir, dan bahkan masa depannya. Sayangnya, orang tua sering kali tidak terlibat dalam memberikan pendidikan karakter kepada anak mereka, padahal mereka adalah sekolah pertama bagi anak dan dapat memberikan contoh yang akan ditiru oleh anak di masa depan.
Hal ini menjadi motivasi bagi penulis untuk merancang sebuah board game sebagai media belajar yang digunakan oleh orang tua dan anak untuk mengembangkan karakter dan kepribadian anak sejak usia dini. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan metode sumber data visual dan verbal yang diperoleh dari literatur, jurnal, dan internet sebagai sumber data penelitian. Penulis juga mengumpulkan data primer melalui referensi pustaka yang relevan dan data sekunder melalui kuesioner terkait pendidikan karakter.
Data yang diperolch kemudian diolah menjadi perancangan board game yang mengandung teks narasi dan elemen visual seperti ilustrasi, desain layout, dan perpaduan warna. Board game ini menjadi media yang efektif untuk mengembangkan karakter anak melalui bermain sambil belajar. Selain itu, board game ini juga dapat menjadi wadah untuk orang tua dan anak menghabiskan waktu bersama dengan cara yang bermanfaal.
Tidak tersedia versi lain