Tugas Akhir
Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran seni musik: studi kasus di SMP Negeri 3 Kebumen
Kurikulum Merdeka digunakan sebagai kurikulum pembelajaran di SMP Negeri 3 Kebumen pada tahun ajaran 2022/2023 secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Seni Musik kelas VII di SMP Negeri 3 Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mengamati adanya fenomena penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Kebumen sebagai kurikulum pembelajaran Seni Musik, melalui triangulasi sebagai teknik pengumpulan data. Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis melalui konsep Kurikulum Merdeka dan teori belajar konstruktivisme. Merujuk pada hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh dua hasil penelitian. Pertama, menunjukkan bahwa prosedur penerapan Kurikulum Merdeka diawali dengan tahap persiapan untuk merancang perangkat ajar berdasarkan analisis capaian pembelajaran, lalu menentukan tujuan pembelajaran yang dirancang dalam alur tujuan pembelajaran, alokasi waktu, dan modul ajar berdasarkan perangkat ajar yang disediakan oleh pemerintah melalui PMM. Kedua, hasil pelaksanaan pembelajaran Seni Musik berbasis Kurikulum Merdeka berupaya menyediakan pembelajaran berdiferensiasi, belajar secara konstruktif, serta mengedepankan proses melalui asesmen formatif agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain