Buku Ajar
Penyusunan modul pembelajaran antropologi pedalangan: laporan pengembangan bahan ajar daring
Materi mata kuliah ini disusun sedemikian rupa untuk membekali mahasiswa mendapatkan kemampuan sekaligus kepekaan penelitian kebudayaan dalam ranah pedalangan, sebagai pintu masuk utama yang berfokus pada lived experiences. Sebagaimana para dalang, mahasiswa dituntut mendapatkan kemampuan dan pengetahuan yang didapatkan melalui studi mengembangkan kepekaan berbasis pengalaman melihat, mendengar, menirukan, membaca, dan praktik lapangan secara langsung. Karena berfokus pada ranah pedalangan, maka kemudian materi yang disusun mencakup wilayah-wilayah yang akrab dengan dunia memekakan kemampuan dalang, yakni antropologiasecara umum, dunia simbolik, arkeologi dan susastra, seni dan ritual, serta perubahan kedudukan dalang sejak dari representasi religiositas menjadi representasi wacana sosial melalui politik dan kebudayaan, yang menempatkan kedudukan dalang ketika harus berinteraksi dengan penguasa dan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain