Buku Ajar
Penyusunan modul pembelajaran nama mata kuliah metode pendidikan musik: laporan pengembangan bahan ajar daring
Metode Pendidikan Musik merupakan salah satu mata kuliah kompetensi utama di Program Studi S-1 Pendidikan Musik. Mata kuliah ini akan menjelaskan tentang metode-metode pendidikan musik yang digunakan untuk mengajar anak dan remaja. Pada perkuliahan ini juga akan membahas hubungan antara psikologi perkembangan anak dan remaja dan perkembangan musikal. Psikologi perkembangan adalah faktor penting dalam menyusun atau membuat metode pendidikan musik yang tepat untuk anak dan remaja. Selain itu, pada mata kuliah ini juga akan dibahas tentang metode-metode pendidikan musik internasional yang dapat dijadikan sebagai dasar pengembangan metode pendidikan musik untuk anak dan remaja di Indonesia. Tujuan akhir dari perkuliahan ini adalah mahasiswa dapat membuat konsep tentang metode pendidikan musik anak atau remaja di Indonesia. Perkuliahan Metode Pendidikan Musik diadakan sebanyak enambelas kali pertemuan dengan menggunakan bahan kajian sebagai berikut: psikologi perkembangan anak, remaja, hubungan antara psikologi perkembangan dengan kemampuan musikal, metode pendidikan musik internasional yang terdiri dari metode Dalcroze, metode Orff, metode Kodaly, dan metode Suzuki, pembelajaran musik untuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, menganalisis pembelajaran musik untuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, konsep pendidikan di Indonesia, serta metode Sariswara.
Tidak tersedia versi lain