EBOOK
Pengantar Ilmu Komunikasi
Buku ini pengantar yang berusaha memperkenalkan dan menguraikan secara sederhana tentang ilmu komunikasi dan diperuntukkan khusus untuk mahasiswa komunikasi semester awal. Bukan hanya itu, tapi juga untuk semua kalangan yang ingin mempelajari dasar ilmu komunikasi tidak
Mengingat komunikasi merupakan bagian dari kehidupan dan manusia tidak akan lepas dari itu. Bisa dikatakan bahwa sejak manusia lahir, ia sudah berkomunikasi melalui isak tangis dan gerakan tubuhnya. Saat terbangun pun kita sudah berkomunikasi dengan diri sendiri. Karena komunikasi terjadi tidak hanya dengan orang lain tapi juga dengan diri sendiri ( intrapersonal communication). Komunikasi itu tidak dapat dihindari, bersifat omnipresent (kapan saja dan di mana saja) komunikasi bisa jadi penyebab sekaligus solusi dari sebuah konflik. Kalau memang benar Komunikasi itu hal yang sepele,kenapa kita sering bertengkar dengan orang lain hanya karena miskomunikasi? Dengan belajar ilmu komunikasi, kita akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama Komunikasi itu berlangsung. Misalnya, siapa saja yang terlibat, Bagaimana prosesnya, melalui apa, mengapa itu bisa terjadi, serta Apa saja akibat yang ditimbulkan. Melalui buku Pengantar Ilmu Komunikasi ini terangkum mengenai bentuk-bentuk komunikasi, yaitu komunikasi intrapersonal, interpersonal, kelompok, publik dan massa. Namun yang membedakan buku ini dengan buku Pengantar Ilmu Komunikasi lainnya adalah lebih mendekatkan dan fokus pada komunikasi Islam. Komunikasi Islam adalah Proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam. Pesan-pesan keislamannya disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi Seluruh ajaran Islam, meliputi akidah ( Iman) Syariah (Islam) dan akhlak (Ihsan) soal cara atau kaifiyah dalam Alquran dan Al-Hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Kita dapat mengistilahkannya sebagai kaidah, prinsip, atau etika berkomunikasi dalam perspektif Islam.
Tidak tersedia versi lain