Tugas Akhir
Efektivitas Penggunaan Metode Rhythm Syllables Pada Pembelajaran Seni Musik Untuk Siswa Kelas 4 di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
Penerapan metode rhythm syllables pada pembelajaran seni musik untuk kelas
4 di SD Muhammadiyah Sapen ini dilaksanakan untuk mengetahui keefektifan
metode tersebut sebagai upaya meningkatkan pemahaman siswa dalam
pembelajaran ritmis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif eksperimen. Metode penelitian kuantitatif
eksperimen ini membutuhkan dua jenis sampel yang didapat dari kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan pre-test dan
post-test sebagai instrumen pengumpulan data, dan menggunakan program
SPSS (Statistical Program for Social Science) sebagai alat untuk analisis data.
Dari hasil uji analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai ratarata post-test kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran ritmis
menggunakan metode rhythm syllables lebih unggul 9,286 dibandingkan kelas
kontrol dan peningkatan tersebut juga terbukti signifikan dengan nilai sig
0,032
Tidak tersedia versi lain