Tugas Akhir
Instrumen Unconventional Sebagai Media Pembelajaran Musik Di Pendidikan Anak Usia Dini Mawar Bojonegoro
Instrumen unconventional merupakan sebuah media pembelajaran berupa
alat musik yang dibuat melalui pemikiran kreatif untuk menunjang
pembelajaran musik di pendidikan anak usia dini (PAUD). Instrumen
unconventional yang dimaksud dengan memanfaatkan barang yang ada di
sekitar lingkungan. Pembelajaran musik pada PAUD mempelajari tentang
materi irama atau ritme, namun musik yang diajarkan di PAUD dilakukan
untuk menambah pengalaman bermusik melalui eksplorasi bunyi dan tidak
menjadikan anak seorang musisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Subjek
dalam penelitian ini yaitu guru PAUD dan anak usia 3-4 tahun dengan jumlah
8 anak. Pengumpulan data yang dilakukan melalui Teknik observasi,
wawancara, dan studi dokumen, dengan teknis analisis data melalui reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan instrumen unconventional relevan sebagai
media pembelajaran musik pada PAUD dengan menyesuaikan tema
pembelajaran pada setiap pertemuannya. Penggunaan instrumen
unconventional efektif dan memenuhi aspek capaian perkembangan anak di
bidang ritme dalam musik.
Tidak tersedia versi lain