Tugas Akhir
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Koetkoetbi Karya Soekarno oleh Teater Kita Kita di Yogyakarta
Krisis moral, pertikaian, dan perilaku menyimpang adalah bagian dari
kurangnya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
karakter dalam naskah drama Koetkoetbi karya Soekarno.
Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif, jenis studi dokumen. Data penelitian diperoleh melalui
wawancara dan dokumetasi. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi
sumber. Sumber dalam penelitian ini adalah naskah drama Koetkoetbi, pendiri
komunitas Teater Kita Kita, narasumber naskah drama Koetkoetbi, dan aktor yang
berperan dalam mementaskan naskah drama Koetkoetbi. Data yang diperoleh
diolah dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah dari delapan belas nilai pendidikan karakter,
ditemukan tiga belas nilai pendidikan karakter berdasarkan tujuh unsur pembangun
dalam naskah ini. Tiga belas nilai pendidikan karakter itu adalah (1) nilai kreatif,
(2) nilai religius, (3) nilai disiplin, (4) nilai toleransi, (5) nilai peduli Sosial, (6) nilai
jujur, (7) nilai tanggung tawab, (8) nilai rasa ingin tahu, (9) nilai kerja keras, (10)
nilai bersahabat, (11) nilai cinta damai, (12) nilai mandiri, (13) nilai cinta tanah air.
Nilai pendidikan karakter yang paling dominan muncul dalam unsur naskah drama
Koetkoetbi adalah nilai religius.
Tidak tersedia versi lain