Tugas Akhir
Perancangan Interior Popay Satori Montessori School dengan Konsep Learning Through Nature
Popay Satori Montessori School merupakan salah satu sekolah anak di Jakarta yang menggunakan metode pembelajaran khusus, yaitu metode Montessori. Metode ini didasarkan pada aktivitas belajar mandiri, pembelajaran langsung, dan kolaboratif bermain. Dalam menciptakan metode pembelajaran Montessori, kurikulum harus ditempatkan dalam sebuah lingkungan yang terstruktur bagi anak-anak. Untuk itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait pembelajaran Montessori, salah satunya adalah peran alam dalam proses pertumbuhan anak. Alam dipercaya dapat membantu merangsang keingintahuan dan eksplorasi diri, serta memberikan pengalaman sensori yang nyata kepada mereka. Lokasi Popay Satori Montessori School yang berada dalam gedung apartemen membatasi anak-anak untuk bereksplorasi dengan alam secara bebas karena tidak memiliki area taman/outdoor yang memadai. Kurangnya pencahayaan alami juga menjadi permasalahan pada sekolah ini. Mengusung tema Learning Through Nature, perancangan ini diharapkan dapat menghadirkan suasana alam pada interior sekolah, dengan mengimplementasikan unsur-unsur alam pada suasana ruang, pemilihan material, warna, dan tekstur, elemen pembentuk ruang, tata kondisional ruang, serta elemen dekoratif interior. Perancangan ini diharapkan dapat menghadirkan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan interaktif, serta aman dan nyaman, untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi manusia seutuhnya.
Tidak tersedia versi lain