Tugas Akhir
Peran Lingkungan Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Penyajian Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran lingkungan sosial dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di lingkungan kampus. Lingkungan sosial di kampus termasuk interaksi dengan teman, dan dosen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori lingkungan sosial dan motivasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik wawancara, dan teknik observasi untuk pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta dengan program studi Penyajian Musik. Data yang dikumpulkan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Interaksi yang positif dengan teman maupun dosen dapat meningkatkan motivasi belajar. Dukungan akademik, motivasi timbal balik, dan pembelajaran kolaboratif juga ditemukan memiliki hubungan positif dengan motivasi belajar. Penelitian ini juga memberikan landasan bagi penelitian lebih lanjut dalam bidang ini. Kajian mendalam mengenai interaksi sosial dan pengaruhnya lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dapat memberikan wawasan yang lebih dalam. Di sisi lain, lingkungan sosial yang tidak mendukung, seperti tekanan sosial, kompetisi yang kurang sehat, kurangnya dukungan sosial, kurangnya interaksi sosial dapat mempengaruhi motivasi belajar. Kajian mendalam mengenai interaksi sosial dan pengaruhnya lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dapat memberikan wawasan yang lebih dalam. Di sisi lain, lingkungan sosial yang tidak mendukung, seperti tekanan sosial, kompetisi yang kurang sehat, kurangnya dukungan sosial, kurangnya interaksi sosial dapat mempengaruhi motivasi belajar. Kajian mendalam mengenai interaksi sosial dan pengaruhnya lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dapat memberikan wawasan yang lebih dalam. Di sisi lain, lingkungan sosial yang tidak mendukung, seperti tekanan sosial, kompetisi yang kurang sehat, kurangnya dukungan sosial, kurangnya interaksi sosial dapat mempengaruhi motivasi belajar.
Tidak tersedia versi lain