Tugas Akhir
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tari Penthul Melikan di Desa Tempuran Paron Ngawi Jawa Timur
Nilai-nilai pendidikan karakter dapat dipelajari melalui kesenian, seperti tari tradisional. Penggalian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada suatu tarian merupakan topik yang menarik jika diteliti. Tari Penthul Melikan dipilih untuk diteliti karena merupakan tarian yang menjadi ikon Kabupaten Ngawi. Selain dapat dipelajari dan diperoleh nilai-nilai pendidikan karakter pada tarian tersebut, secara tidak langsung juga ikut andil dalam pelestarian kesenian daerah yang saat ini kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada tari Penthul Melikan di desa Tempuran Paron Ngawi, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter tari Penthul Melikan di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, sedangkan subjek penelitian adalah ketua komunitas tari Penthul Melikan, penari sekaligus sesepuh tari Penthul Melikan, dan penggerak komunitas tari Penthul Melikan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, serta dokumentasi. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan validasi data dengan triangulasi sumber. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan enam tahapan, yakni tahap persiapan data, general sense, coding data, deskripsi data, penyajian data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tari Penthul Melikan di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut meliputi nilai religius, cinta tanah air, disiplin, peduli sosial, kerja keras, toleransi, dan semangat kebangsaan yang terdapat pada ragam gerak, musik iringan tari, busana, dan lirik lagu pada tari Penthul Melikan.
Tidak tersedia versi lain