Tugas Akhir
Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Ansambel Musik Untuk Siswa Kelas VC Di SDK BPK Penabur Cirebon
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran musik dengan media pembelajaran instrumen non-konvensional pada siswa kelas VC di SD BPK Penabur Cirebon. Pembelajaran musik tidak dilaksanakan dengan baik di SD BPK Penabur Cirebon karena keterbatasan ilmu sumber daya mengajar yang dimiliki oleh sekolah dasar BPK Penabur Cirebon, serta keterbatasan dalam media pembelajaran sehingga peneliti menawarkan sebuah media pembelajaran yaitu instrumen non-konvensional dengan menggunakan lagu daerah untuk pembelajaran musik kreatif . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC di SD BPK Penabur Cirebon. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu tahap reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pembelajaran musik dapat dilaksanakan dengan baik melalui pemanfaatan instrumen non-konvensional sebagai media pembelajaran sehingga Indikator kompetensi dasar pembelajaran Seni Budaya bidang Seni Musik kelas V kurikulum 2013 tercapai.
Tidak tersedia versi lain