Tugas Akhir
Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD) Dalam Pembelajaran Ansambel Musik Di SLB Autis Laboratorium UM
Anak ASD mengalami kendala seperti kesulitan untuk mengontrol diri dan sering kehilangan konsentrasi dalam pembelajaran. Gangguan konsentrasi pada anak ASD memiliki dampak besar dalam proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak ASD sebagai sarana eksplorasi dan belajar adalah melalui pembelajaran ansambel musik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan konsentrasi belajar pada anak ASD dengan pembelajaran ansambel musik di SLB Autis Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, subjek penelitian ditentukan dengan cara menggunakan teknik purposive sampling dengan melihat hasil belajar siswa, kemudian mengklasifikasikannya kedalam kriteria berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dengan pengajar dan subjek penelitian, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ansambel musik dapat meningkatkan tingkat konsentrasi belajar anak ASD di SLB Autis Laboratorium UM. Peningkatan konsentrasi belajar dalam pembelajaran ansambel musik dapat dibuktikan dari hasil penghitungan tingkat konsentrasi belajar dengan menggunakan skala Guttman dengan hasil rata-rata skor dari keseluruhan subjek penelitian sebesar 75,7, maka konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran ansambel musik termasuk dalam tingkat konsentrasi belajar tinggi.
Tidak tersedia versi lain