Berita

Pengumuman Layanan Perpustakaan Selama Libur Nasional Dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1446 H

Kegiatan Workshop Pemanfaatan Perpustakaan Berjalan Lancar

Kegiatan Tanya Pustakawan #1: Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri Berjalan Lancar

Info Wisuda 2025: Tanya Pustakawan #1- Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri

Layanan Pengecekan Turnitin

Audit Surveillance ISO 9001:2015 Dan ISO 21001:2018

Hibah Buku Dari Badan Penerbit ISI Yogyakarta Kepada Library Of Congress

Penyerahan Penghargaan Kepada Pemustaka Terpilih

Pemilihan Sahabat Perpustakaan, Duta Baca, Dan Pemustaka Aktif

Kunjungan Dari Yayasan Darma Duta Indonesia

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Tugas Akhir

Model Pembelajaran Teams Games Tournament pada Materi Pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta

HANDAYANI, Monika - Nama Orang;

Dalam proses pembelajaran pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul peserta didik kelas VIII A tidak bersemangat. Pada saat guru menjelaskan materi, peserta didik tidak memperhatikan dan tidak aktif saat mengikuti pembelajaran, tidak ada interaksi antara guru dengan peserta didik begitupun sesama peserta didik yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Teams Games Tournament pada materi pantomim di SMPIT Ar Raihan Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru Seni Budaya serta peserta didik kelas VIII A dan objeknya adalah model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi pantomim. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk validasi data pada penelitian kualitatif menggunakan triangulasi teknik, dan untuk analisis data menggunakan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Terdapat peningkatan nilai peserta didik dari pretest, siklus satu, dan dua. Nilai rata-rata pretest adalah 67, siklus satu menjadi 74, karena belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 75 maka dilanjutkan siklus dua dengan nilai rata-rata 78. Persentase peningkatan pada masing-masing siklus pretest ke siklus satu sebesar 10, 45 %, dan dari siklus satu ke dua menjadi 5,41%. Peningkatan pretest ke siklus kedua sebesar 16,42%. Selain itu TGT juga menjadikan peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan mau berlatih pantomim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Terdapat peningkatan nilai peserta didik dari pretest, siklus satu, dan dua. Nilai rata-rata pretest adalah 67, siklus satu menjadi 74, karena belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 75 maka dilanjutkan siklus dua dengan nilai rata-rata 78. Persentase peningkatan pada masing-masing siklus pretest ke siklus satu sebesar 10, 45 %, dan dari siklus satu ke dua menjadi 5,41%. Peningkatan pretest ke siklus kedua sebesar 16,42%. Selain itu TGT juga menjadikan peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan mau berlatih pantomim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Terdapat peningkatan nilai peserta didik dari pretest, siklus satu, dan dua. Nilai rata-rata pretest adalah 67, siklus satu menjadi 74, karena belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 75 maka dilanjutkan siklus dua dengan nilai rata-rata 78. Persentase peningkatan pada masing-masing siklus pretest ke siklus satu sebesar 10, 45 %, dan dari siklus satu ke dua menjadi 5,41%. Peningkatan pretest ke siklus kedua sebesar 16,42%. Selain itu TGT juga menjadikan peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan mau berlatih pantomim. dan doa. Nilai rata-rata pretest adalah 67, siklus satu menjadi 74, karena belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 75 maka dilanjutkan siklus dua dengan nilai rata-rata 78. Persentase peningkatan pada masing-masing siklus pretest ke siklus satu sebesar 10, 45 %, dan dari siklus satu ke dua menjadi 5,41%. Peningkatan pretest ke siklus kedua sebesar 16,42%. Selain itu TGT juga menjadikan peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan mau berlatih pantomim. dan doa. Nilai rata-rata pretest adalah 67, siklus satu menjadi 74, karena belum sesuai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan nilai 75 maka dilanjutkan siklus dua dengan nilai rata-rata 78. Persentase peningkatan pada masing-masing siklus pretest ke siklus satu sebesar 10, 45 %, dan dari siklus satu ke dua menjadi 5,41%. Peningkatan pretest ke siklus kedua sebesar 16,42%. Selain itu TGT juga menjadikan peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi dan mau berlatih pantomim.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi PSP/Han/m/2023
KT20239943
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PSP/Han/m/2023
Penerbit
Yogyakarta : FSP ISI Yogyakarta., 2023
Deskripsi Fisik
xiii+96 hal. 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pantomim
Model Pembelajaran
Turnamen Permainan Beregu
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statcounter Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik