Penelitian
Perancangan Media Pembelajaran Olah Tubuh Untuk Melatih Gerak Dalam Pengendalian Diri
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana penggunaan media hasil perancangan bagi pembelajaran olah tubuh untuk melatih gerak dalam pengendalian diri. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan memberikan perlakuan pada subjek penelitian dalam menggunakan media pembelajaran hasil rancangan. Perlakuan dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, subjek penelitian beradaptasi dengan media pembelajaran (bilah) bergerak secara bebas dalam durasi 2 menit. Kedua, subjek penelitian melakukan improvisasi gerak secara bebas sambil memutarkan media pembelajaran (bilah) dalam durasi 2 menit. Ketiga, subjek penelitian melakukan improvisasi gerak secara bebas sambil memutarkan media pembelajaran (bilah) dengan kesadaran untuk mengendalikan diri selama 2 menit. Proses gerak pada perlakuan pertama, kedua, dan ketiga diobservasi sebagai bahan analisis. Hasil observasi diperdalam dengan wawancara terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pada perlakukan pertama media pembelajaran (bilah) yang diputar para subjek mengenai badan, mengenai lantai, dan tali kendor secara akumulatif berjumlah 12 kali. Pada perlakukan kedua, bahwa media pembelajaran (bilah) yang diputar para subjek mengenai badan, mengenai lantai, dan tali kendor secara akumulatif berjumlah 20 kali, dan pada perlakukan ketiga bahwa media pembelajaran (bilah) yang diputar para subjek mengenai badan, mengenai lantai, dan tali kendor secara akumulatif berjumlah 7 kali. Hasil tersebut menunjukkan bahwa apabila dalam bergerak bebas tidak terjkendali kemungkinan terjadi accident lebih besar (20 kali). Sedangkan apabila dalam bergerak terkendali maka kemungkinan terjadi accident lebih kecil (7 kali).
Tidak tersedia versi lain