Tugas Akhir
Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aspek Kognitif Materi Bernyanyi Vokal Solo di SMP Negeri 14 Yogyakarta
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang menyangkut afektif,
kognitif, dan psikomotorik. Pendekatan saintifik memiliki tahapan yaitu
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengkomunikasikan.
Pentingnya suatu pendekatan yang berpusat pada peserta didik dan menekankan
pada kemampuan berpikir untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif
materi seni budaya (musik).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik
terhadap aspek kognitif materi bernyanyi vokal solo. Tempat yang digunakan
dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 14 Yogyakarta. Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah One Grup Pretest-posttest
Design. Berdasarkan permasalahan penelitian terdapat hipotesis penelitian (Ha)
yaitu yaitu terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar materi
vokal solo secara signifikan pada siswa kelas IX di SMP Negeri 14 Yogyakarta.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling dengan jumlah
sebanyak 57 sampel. Instrumen penelitian merupakan tes hasil belajar. Analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t berpasangan (Paired
t-test).
Hasil analisis uji-t berpasangan (Paired uji-t) mendapatkan nilai t hitung > t
tabel (12,54 > 2,00) dan perolehan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga Ha
diterima. Hasil perolehan pretest dan posttest menunjukkan kenaikan rata-rata
nilai sebesar 41.3%. Berdasarkan hasil analisis tersebut pendekatan saintifik
berpengaruh terh
Tidak tersedia versi lain