Tugas Akhir
Promosi Acara Musik "Keroncong Plesiran #3" Di Panggung Terbuka Nganggeran DIY
Keroncong Plesiran #3 merupakan acara pertunjukan musik yang
konsepnya menghadirkan sajian musik dari grup musik keroncong, dengan
mengkolaborasikan antara hiburan musik dan pariwisata yang sesuai dengan selera
generasi milenial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem manajerial
dan efektivitas dari media visual promosi acara musik “Keroncong Plesiran #3”.
Selain itu, untuk membantu sektor pariwisata melalui media hiburan yang variatif,
sehingga sektor ekonomi turut bergerak. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan
pendekatan melalui konsep manajemen acara dan promosi, serta rebranding.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode yaitu wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan promosi pada
Keroncong Plesiran #3 menggunakan strategi promosi acara dengan
memaksimalkan daya tarik konsep acara, disajikan melalui bentuk visual yang
informatif dan atraktif, serta mengoptimalkan potensi UMKM di sekitar lokasi
acara.
Tidak tersedia versi lain