Tugas Akhir
Pemasaran Desa Wisata "Kampung Wayang Kepuhsari Manyaran, Di Kabupaten Wonogiri
Desa Wisata „Kampung Wayang‟ Kepuhsari merupakan desa wisata yang mengunggulkan tatah sungging wayang kulit dengan kualitas ukiran yang halus dan pewarnaan yang tajam. Wisatawan yang berkunjung di desa wisata ini dapat melakukan kegiatan belajar menatah sungging wayang kulit dan belanja produk wayang kulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemasaran Desa Wisata „Kampung Wayang‟ Kepuhsari yang digunakan dalam mengembangkan desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis teori bauran pemasaran 7P yaitu produk, harga, promosi, orang, bukti fisik, saluran distribusi/tempat, dan proses. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, catatan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pemasaran yang dilakukan oleh desa wisata „Kampung Wayang‟ Kepuhsari menggunakan teori bauran pemasaran (marketing mix) 7P. Dengan menggunakan teori bauran pemasaran 7P dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan peningkatan jual beli produk dari desa wisata. Perkembangan di desa wisata dibuktikan dengan jumlah wisatawan yang mengalami perubahan dalam kurun waktu empat tahun.
Tidak tersedia versi lain