Tugas Akhir
Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Minat Beli Sepatu Ventela
Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh citra
merek dan harga terhadap minat beli sepatu Ventela secara parsial dan simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Citra merek dan harga sepatu
Ventela dipilih sebagai objek penelitian karena tampilannya yang terindentifikasi
mirip dengan Converse dan Vans namun harganya lebih terjangkau. Penelitian ini
menggunakan variabel Citra merek (X1) dan Harga (X2) sebagai variabel bebas
serta variabel Minat Beli (Y) sebagai variabel terikat. Metode statistik yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis (uji F dan
uji t). Data yang diperoleh berasal dari hasil penyebaran kuesioner dan diolah
menggunakan Microsoft Excel 2007 dan SPSS 20. Responden yang diteliti
merupakan konsumen sepatu Ventela sebanyak 100 orang. Hasil penelitian ini
menunjukkan pada uji F didapatkan nilai Fhitung 52.915 > Ftabel 3.09 dan nilai
signfikansi 0 < 0.05. Dalam uji t, diperoleh hasil thitung 8.826 > ttabel 1.98472
pada uji pengaruh variabel citra merek terhadap minat beli dan thitung 8.222 >
ttabel 1.98472 pada pengaruh variabel harga terhadap minat beli dengan nilai
signifikansi 0 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian ini terdapat pengaruh signifikan pada citra merek dan harga terhadap
minat beli sepatu Ventela baik secara parsial dan simultan.
Tidak tersedia versi lain