Penelitian
Korelasi Kemampuan Emosi Sosial Dengan Model Profesionalitas Pendidikan Dalam pembelajaran Musik
Profesi pendidik musik terutama pada jenjang sarjana selain membutuhkan pengetahuan dan keterampilan juga disposisi yang tepat. Salah satu pengetahuan dasar yang diperlukan pada profesi tersebut tetapi jarang mendapat perhatian adalah pembelajaran emosi sosial serta teknik implementasinya. Kemampuan profesionalitas ke depan sangat diperlukan terutama kolaborasi dari beberapa kompetensi pendidik musik untuk mendukung karier jangka panjang. Penelitian ini bertujuan mencari hubungan antara pendidikan musik dengan aspek emosi dan sosial dalam kehidupan serta proses memahami kedua aspek tersebut untuk mencapai profesionalitas dalam pendidikan musik yang disebut sebagai pembelajaran emosi sosial. Penelitian ini dilakukan menggunakan mix-method dengan pendekatan survei dan Focus Group Discussion. Subjek penelitian terdiri dari dosen dan mahasiswa jurusan musik pendidikan, penciptaan, pengkajian, dan penyajian ISI Yogyakarta dan Jurusan Musik FBS UNY (N=200). Tahap pertama adalah melakukan reviu kepustakaan serta teori pendukung guna menyusun kuesioner yang dilanjutkan dengan panduan untuk mengumpulkan data kualitatif melalui diskusi kelompok terpadu untuk kemudian dilakukan analisis
Tidak tersedia versi lain