Tugas Akhir
Perancangan Adventure Game tentang Jalur Rempah sebagai Edukasi Sejarah bagi Pelajar Remaja
Jalur Rempah merupakan sejarah penting karena menghubungkan Nusantara dengan dunia sehingga rempah-rempah memiliki nilai yang tinggi pada saat itu. Pengetahuan sejarah akan Jalur Rempah masih kurang terutama bagi para pelajar remaja karena stigma yang melekat bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan serta media pembelajaran yang kurang menarik. Game mobiles sendiri menjadi aktivitas yang paling digemari oleh remaja sehingga game dapat digunakan sebagai media edukasi. Tujuan dari perancangan ini untuk membantu pelajar dalam mempelajari sejarah jalur rempah. Menggunakan metode analisis permasalahan 5W+1H dan Game Development Life Cycle (GDLC) sebagai tahapan pengembangan game ini. Perancangan ini menghasilkan prototipe adventure game dimana pemain harus memecahkan teka-teki untuk menyelesaikan misi tertentu dan pemain dapat memiliki akhir cerita yang berbeda berdasarkan jawaban yang dipilih, permainan ini disertai dengan visual dan motion yang menarik agar pemain memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan
Tidak tersedia versi lain