Tugas Akhir
Perancangan Visual Branding Cemeti Batik di Kampung Wisata Taman Sari Yogyakarta
Cemeti Batik Merupakan usaha rumahan yang sudah ada sejak tahun 1980. berfokus kepada pengembangan produk dengan menghadirkan batik klasik dengan corak ornamen yang memiliki filosofi dan arti dari fungsi penggunaan kain batik tersebut. Cemeti Batik sendiri sudah mengembangkan kekhasannya dalam produk batiknya, mulai dari awal menjual batik lukisan dengan ciri khas wayangnya sampai hanya menjual kain batik yang memiliki nilai tersendiri dalam kain batiknya. Perancangan ini bertujuan untuk memberi kemasan visual agar Cemeti Batik dapat lebih dikenal oleh masyarakat. Dengan melakukan metode proses branding Alina Wheeler dan didukung metode analisis SWOT yang digunakan membantu menentukan batasan masalah dari perancangan ini dan juga menjadi strategi kreatif dalam sejauh mana peluang hadirnya visual branding dalam brand Cemeti Batik ini sendiri. Hasil dari perancangan ini sendiri adalah aset identitas visual dari brand Cemeti Batik yang memiliki kekhasan Taman Sari serta memunculkan nilai filosofis dan klasik. Selain itu perancangan ini juga menggunakan proses eksekusi visual menggabungkan proses mencanting dan pengolahan aset digital yang memunculkan kecenderungan vernakular pada visualnya.
Tidak tersedia versi lain